-->

Para Rowi Qiro'at Sab'ah Dan Qiro'at 'Asyroh

Oleh : Syahril Siddiq


Para Rowi Qiro'at Sab'ah Dan Qiro'at 'Asyroh



Sahabat Sudut Pustaka kali ini penulis akan menshare mengenai Para Rowi Qiroh Sab'ah dan A'syroh, dengan harapan semoga kita sebagai umat Muslim termotivasi dalam mempelajari sekaligus mendalami Al- Quran dan tentunya bisa mengamalkannya. Selamat membaca…!!



Hukum Qiro'at Sab'ah Dan Qiro'at 'Asyroh Para Ulama sepakat bahwa qiro'at sab'ah adalah mutawatir. Ibnu As-Subki berkata dalam Jam'i Al-Jawam'i : Qiro'at sab'ah itu mutawatir dengan kemutawatiran yang sempurna. Yakni dinukil dari Nabi SAW. oleh banyak orang yang tidak mungkin terjadi kesepakatan diantara mereka untuk berbohong.

Terkadang ada orang yang membantah, sekiranya qiro'at sab'ah ini mutawatir semuanya, tentu para qurro' tidak ada yang berbeda dalam qiro'at mereka. Namun ternyata banyak terdapat perbedaan diantara mereka. Jadi qiro'at sab'ah tidak bisa dikatakan mutawatir. Pertanyaan ini dijawab dengan; Bahwasanya perbedaan dalam qiro'at tidak mempengaruhi kemutawatiran qiro'at sab'ah. Justru karena adanya perbedaan itulah makanya qiro'at ada bermacam-macam. Dan semua huruf yang ada dalam qiro'at sab'ah merupakan bagian dari ahruf sab'ah. Sedangkan ahruf sab'ah sendiri berbeda satu sama lain.

Dalam Al-Burhan Imam Az-Zarkasyi berkata : "Jumhur Ulama sepakat bahwasanya qiro'at sab'ah adalah qiro'at mutawatir". Adapun mengenai qiro'at 'Asyroh ulama berbeda pendapat, yang rajih dan yang benar adalah bahwa qiro'at 'Asyroh semuanya mutawatir. Ini adalah pendapat Ibnu As-Subki, An-Nuwairi, Ibn Al-Jazari, Abu Syamah, dan masih banyak lagi ulama yang lain yang mengatakan bahwa qiro'at 'asyroh adalah qiro'at yang mutawatir. Ibnu Al-Jazari menyatakan dalam Munjid Al-Muqri'in bahwasanya qiro'at yang mutawatir adalah qiro'at 'asyroh, adapun qiro'at selain itu adalah qiro'at syadzdzah. Qiro'at yang sepuluh, sanad mereka, perawi mereka dan manhaj masing-masing qiro'at mereka.
Diantara Perawi Qiroah yang sepuluh yaitu :
1)      Nafi' ( نافع ) Ia adalah Nafi' bin Abdirrahman bin Abi Nu'aim Al-Laitsi Al-Madani.
2)      Ibnu Katsir ( ابن كثير ) Dia adalah Abdullah bin Katsir bin Amru bin Abdullah bin Zadan bin Fairuz bin Harmuz Al-Makki. Julukannya Abu Ma'bad.
3)      Abu Amru ( أبو عمر ) Dia adalah Abu Amru bin Al-'Illa Al-Bashri.
4)      Ibnu Amir ( ﺇبن عامر ) Dia adalah Abdullah bin Amir bin Yazid bin Tamim bin Rabi'ah bin Amir Al-Yahshobi Asy-Syami. Gelarnya Abu Imron.
5)      Ashim ( عا صم ) Dia adalah Ashim bin Abu An-Najud Al-Kufi.
6)      Hamzah ( ( حمزه Dia adalah Hamzah bin Habib bin Imaroh bin Isma'il Al-Kufi At-Tamimi. Gelarnya Abu Imaroh.
7)      Al-Kisa'i ( ألكسائي ) Dia adalah Ali bin Hamzah bin Abdullah bin Utsman bin Fairuz Al-Kufi. Gelarnya Abu Al-Hasan.
8)      Abu Ja'far ( ابو جعفر ) Dia adalah Yazid bin Al-Qo'qo Al-Makdzumi Al-Madani, lebih terkenal dengan gelarnya Abu Ja'far.
9)      Ya'qub ( يعقوب ) Dia adalah Ya'qub bin Ishaq bin Yazid bin Abdullah bin Abu Ishaq Al-Hadhrami Al-Bashri. Gelarnya Abu Muhammad.
10)  Khalaf Al-'Asyr ( خلف العاشر ) Khalaf yang ini sama dengan Khalaf perawi Hamzah.
 
              Untuk selanjutnya Penulis akan membahasa satu persatu detail biografi dan riwayat dari para perowi qiroah diatas.....


Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??

coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah


0 Response to "Para Rowi Qiro'at Sab'ah Dan Qiro'at 'Asyroh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel