-->

DEFINISI, HUKUM DAN FAIDAH ILMU NAHWU


Oleh : Syahril Siddiq

DEFINISI, HUKUM DAN FAIDAH ILMU NAHWU



Sahabat Sudut Pustaka, kali ini penulis akan sedikit menshare mengenai salah satu ilmu Bahasa arab yang disebut Ilmu Nahwu atau Bahasa kerennya sering disebut Sintaksis, namun pada kali ini penulis akan menulis mengenai “Hukum dan Faidah memepelajari Ilmu Nahwu”. Selamat membaca….!
Bagi orang yang mempelajari suatu fan ilmu, sudah seyogiyanya mengetahui definisi dari ilmu yang dipelajarinya, Hukum, dan faidah mempelajarinya.
Nahwu menurut Bahasa bisa bararti : Tujuan, contoh, arah, ukuran, bagian, dan sebagian. Seperti dikatakan :
قصد ومثل جهة مقدار # قسم وبعض قاله الأخيار
“ Nahwu memiliki arti : Tujuan, contoh, ukuran, bagian, dan sebagian. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ulama yang terpilih”.
Sedangkan  Nahwu menurut Istilah :[1]
علم بأصول يعرف بها أحوال أواخر الكلم إعرابا وبناء
“ Ilmu tentang kaidah kaidah / aturan aturan untuk mengetahui keadaan dari akhir kalimat, baik dari segi I’robnya (perubahan) maupun Mabninya (tetap)”.
Sedangkan hukum mempelajari ilmu Nahwu yaitu Fardu Kifayah.[2] Artinya dari semua kaum muslimin yang menetap disuatu daerah harus ada yang mempelajari Ilmu Nahwu walaupun hanya seorang, Namun jika tidak ada seorang pun yang mempelajari ilmu nahwu, maka semua kaum muslimin didaerah tersebut menanggung dosa.
Adapun masalah masalah yang dipelajari dari Ilmu Nahwu yaitu seputar kalaimah kalimah Arobiyyah (berbahasa arab).  Sedangkah faidah dari mempelajar ilmu nahwu yaitu :[3]
صون اللسان عن الخطاء في الكلام والإستعانة به على فهم كلام الله تعالى وكلام رسوله
“ Menjaga lisan agar tidak salah dalam berbicara Bahasa Arab. Selain itu, ilmu ini juga digunakan untuk sarana memahami Al- Quran, dan Hadits”.



Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah




[1] Fathu Robbi Bariyyah, (hal. 2)
[2] Fathu Robbi Bariyyah, (hal. 2)
[3] Fathu Robbi Bariyyah, (hal. 2)

0 Response to " DEFINISI, HUKUM DAN FAIDAH ILMU NAHWU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel