-->

BULAN SYA'BAN ADALAH SYAHRUL QUR'AN, BULANNYA AL-QUR'AN

Oleh : Syahril Siddiq

BULAN SYA'BAN ADALAH SYAHRUL QUR'AN, BULANNYA AL-QUR'AN




sahabat kali ini saya akan sedikit sharing mengenai keutamaan Bulan Sya'ban, yang mana salah satunya adalah disebut Bulannya Al quran, artikel ini saya buat sesuai hasil diskusi dengan teman saya....selamat membaca...!

Rasulullah SAW pada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab musnad-nya pernah menyebut bahwa bulan Sya'ban adalah waktu lalai dan lupanya manusia untuk memperbanyak amal saleh.
لما سئل ص. م. عن صيامه لشهر شعبان ذالك شهر يغفل فيه الناس
"Ketika Rasulullah SAW ditanya tentang puasanya dibulan Sya'ban maka beliau menjawab: bulan Sya'ban itu adalah bulan dimana manusia lupa (untuk memperbanyak amal ibadah)"
Sabda Nabi ini setidaknya memberikan peringatan kepada kita selaku umatnya bahwa kebanyakan orang terlena dan lalai di bulan Sya'ban untuk meningkatkankan amal ibadah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.
Diantara amal ibadah yang jaminan pahala nya di Nash dalam Al-Quran dan puluhan hadits sahih adalah membaca Al-Qur'an. Memang keutamaan membaca Al-Qur'an ini tidak dibatasi oleh waktu dan tempat, kapan saja dan dimana saja membaca Al-Quran mendapatkan jaminan pahala yang besar. Namun Fadhilah membaca Al-Qur'an akan lebih sempurna lagi jika dilakukan ditempat-tempat mulia seperti di kota Mekah atau diwaktu-waktu mulia seperti dibulan Ramadhan dan bulan Sya'ban.
Sudah biasa kita mendengar bahwa julukan Syahrul Qur'an atau bulan Al-Qur'an disematkan untuk bulan Ramadhan, tetapi agak jarang didengar jika bulan Sya'ban dijuluki bulan Al-Qur'an. Syekh Alwi Al-Maliki dalam kitab "Maa dzaa fii Sya'ban" mengutip beberapa riwayat dari Sahabat dan Salafushshalih yang menjadi bukti bahwa bulan Sya'ban adalah bulan Al-Qur'an. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Al-haafizh Ibnu Rajab Al-Hanbaly meriwayatkan dari Anas Bin Malik bahwa beliau berkata:
كان المسلمون إذا دخل شعبان انكبوا على المصاحف فقرؤواها
"Keadaan orang Muslim apabila memasuki bulan Sya'ban maka mereka menyibukkan diri dengan mushaf-mushaf AlQur'an kemudian mereka membacanya.
2. Salamah bin Kuhail mengatakan:
كان يقال شهر شعبان شهر القراء
" Bulan Sya'ban dijuluki sebagai 'bulan para pembaca Al-Qur'an"
3. Habib bin Abi Tsabit apabila memasuki bulan Sya'ban beliau berkata:
هذا شهر القراء
"Ini adalah bulannya para pembaca Al-Qur'an".
4. 'Amr bin Qais Al-Mala'i seorang ulama dan juga bisnisman apabila memasuki bulan Sya'ban ia menutup tokonya dan meluangkan waktunya untuk membaca Al-Qur'an.
Semua riwayat ini menjadi bukti bahwa bulan Sya'ban adalah Syahrul Qur'an, bulannya Al-Qur'an.
Mari kita sambut bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi dengan memperbanyak ibadah, khususnya membaca Al-Qur'an.



Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah

0 Response to " BULAN SYA'BAN ADALAH SYAHRUL QUR'AN, BULANNYA AL-QUR'AN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel