-->

Ibadah Ramadhan Pijakan Awal Ibadah Syawal


Oleh : Syahril Siddiq



Ibadah Ramadhan Pijakan Awal Ibadah Syawal




Sahabat Sudut Pustaka, tak terasa kita hari ini sudah ditinggalkan oleh sebuah Bulan yang Mulia, yaitu Bulan Ramadhan, Bulan tersebut menjadi dianggap Mulia dan istimewa bukan dilihat dari Namanya, Namun Bulan Ramadhan Mulia karena didalamnya terdapat Peristiwa yang Mulia diantaranya diturukannya Satu kitab sebagai pedoman umat islam yaitu Al- Quran, disamping itu pula di Bulan Ramadhan terdapat amaliah ibadah yang langsung diperintahkan Allah yaitu berpuasa, maka dari hal hal itulah Bulan Ramadhan menjadi Bulan yang dinilai Mulia dan ketika beribadah didalamnya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, tentunya dengan beribadah semata mata karena Allah SWT.
Namun tak terasa Bulan Mulia itu sudah meninggalkan kita, bagi orang orang sholeh momentum itu merupakan momentum kesedihan, karena belum tentu di waktu yang akan datang mereka bias berjumpa kembali dengan Ramadhan.
Hari ini kita sudah menginjak di Bulan Syawal yang merupakan nama Bulan setelah Ramadhan, sebeneranya jika kita mengkaji sejarah arab pra islam, kita akan tahu bahwa jauh dari sebelum islam datang nama nama bulan hijriah itu sudah ada bahkan ketika zaman jahiliyyah.
Namun yang menarik di Bulan Syawal ini, Umat Muslim menganggap bulan ini adalah bulan yang biasa biasa saja, sehingga amaliah ibadah yang sudah dibiasakan di Bulan Ramadhan, ketika Ramadhan selesai maka ketika menginjak Bulan Syawal Amaliah ibadah pun selesai. Nah ini hal penting yang harus dipahami sebagian besar umat Muslim, bahwa menurut hemat saya Bulan Ramadhan itu merupakan Bulan persiapan dan latihan dalam membiasakan beribadah kepada Allah, bukan sebatas formalitas saja. Karena jika kita analisis dari ayat Allah SWT yang memerintahkan Puasa, tujuannya satu yaitu لعلكم تتقون , dari kata تتقون itu berasal dari kalimat Fiil Mudhori’ yang gunanya untuk menunjukan suatu waktu yang sedang dan akan terjadi. Jadi jika kita analisis kata لعلكم تتقون bisa diartikan bahwa orang yang berpuasa di bulan Ramadhan itu bukan  semata mata langsung menjadi orang bertaqwa, tapi agar mereka menjadi orang yang senantiasa berproses menjadi orang yang bertaqwa, tentunya berproses itu bukan hanya dilakukan di Bulan Ramadhan saja, namun harus di lanjutkan dibulan bulan lainnya dengan istiqomah, nah ketika kita sudah bisa istiqomah maka kita akan menjadi orang yang bertaqwa.
Jika kita pelajari sejarah, Bulan Syawal itu ada yang berpendapat berasal dari suatu kejadian yang diambil dari kata “Syalat Annaqoh” artinya ekor unta betina mengangkat, maksudnya pada bulan Syawal ini menurut kebiasaan orang arab dahulu ketika unta betina sudah mengangkat  ekornya maka, itu tanda unta tersebut tidak mau kawin. Nah dari kejadian tersebut kita bias ambil filosofisnya bahwa ketika masuk bulan syawal kita harus meningkatkan segala aspek positif yang kita telah kerjakan pada Bulan Ramadhan, baik yang sifatnya Ibadah Uluhiyyah, Insaniyyah, maupun Akhlaqiyyah. Bahka bukan hanya dibulan Syawal saja tapi di bulan bulan lainnya.


Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah


0 Response to "Ibadah Ramadhan Pijakan Awal Ibadah Syawal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel