-->

KRITERIA QIRO’AH DITINJAU DARI ASPEK SANAD


Oleh : Syahril Siddiq


KRITERIA QIRO’AH DITINJAU DARI ASPEK SANAD



Sahabat Sudut Pustaka kali ini penulis akan menshare mengenai bagaimana kriteria Qiroah ditinjau dari aspek Sanad, dengan harapan semoga kita sebagai umat Muslim termotivasi dalam mempelajari sekaligus mendalami Al- Quran dan tentunya bisa mengamalkannya. Selamat membaca…!!

Qiro'at Ditinjau Dari Nilai Sanadnya Suatu qiro'at atau bacaan Al-Qur'an baru dianggap sah apabila memenuhi tiga persyaratan, yaitu :
1.      Harus mempunyai sanad yang mutawatir, yakni bacaan itu diterima dari guru-guru yang terpercaya, tidak ada cacat, dan bersambung sampai kepada Rasulullah SAW.
2.      Harus sesuai dengan Rosm Utsmani.
3.      Harus sesuai dengan kaidah tata bahasa arab.

Dari penelitian dan pengujian yang dilakukan para pakar qiro'at dengan mengungkapkan kaidah dan kriteria tersebut, diungkapkan bahwa suatu qiro'at apabila ditinjau dari segi sanadnya akan terbagi menjadi enam tingkatan, menurut pendapat Imam As-Suyuthi yang menukil pendapat dari Ibnul Jazari. Keenam tingkatan tersebut adalah sebagai berikut :  

1.      Mutawatir, yaitu qiro'at yang diriwayatkan oleh sejumlah perawi yang cukup banyak pada setiap tingkatan dari awal sampai akhir yang bersambung hingga Rasulullah SAW.
2.      Masyhur, yaitu qiro'at yang mempunyai sanad yang shahih, tetapi hanya diriwayatkan oleh seorang atau beberapa orang yang adil dan tsiqqoh. Dan perawinya tidak sebanyak qiro'at mutawatir.
3.      Ahad (shahih), yaitu qiro'at yang mempunyai sanad yang shahih, tetapi tidak cocok dengan Rosm Utsmani dan menyalahi kaidah tata bahasa arab.
4.      Syadz, yaitu qiro'at yang tidak mempunyai sanad yang shahih atau qiro'at yang tidak memenuhi tiga syarat sah untuk diterimanya qiro'at.
5.      Mudraj, yaitu qiro'at yang disisipkan kedalam ayat Al-Qur'an.
6.      Maudlu, yaitu qiro'at buatan yakni yang disandarkan kepada seseorang tanpa dasar serta tidak memiliki sanad ataupun perawi.


Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah







0 Response to "KRITERIA QIRO’AH DITINJAU DARI ASPEK SANAD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel