-->

Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab


Oleh : Syahril Siddiq


Media  dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab



Kata media berasal dari kata latin “medius” yang artinya “tengah”. Secara umum, media adalah semua bentuk perantara untuk menyebar, membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message) dan gagasan kepada penerima. Media pengajaran secara luas dapat diartikan sebagai berikut: “Setiap orang, bahan, alat atau kejadian yang memantapkan kondisi siswa memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap (Achsin, 1986). Dalam pengertian ini, guru, buku, komputer, gambar, dan lingkungan sekolah adalah media.
Kata “teknologi” berasal dari kata latin “tekno” yang bahasa Inggrisnya “art” dan kata “logos” atau “ilmu”. Menurut Webster, “art” adalah ketrampilan yang diperoleh lewat pengamatan, studi, dan observasi (1983:105). Dengan demikian, teknologi tidak lebih dari suatu ilmu yang membahas tentang ketrampilan yang diperoleh lewat pengalaman, studi, dan observasi. Bila dikaitkan dengan pengajaran, teknologi mempunyai pengertian dimana “teknologi bukan hanya sekedar benda, alat, bahan, perkakas, tetapi tersimpul pula sikap, perbuatan, organisasi, dan manajemen, yang berhubungan dengan pengeterapan ilmu (Achsin, 1986). Erat kaitannya dengan kata “teknologi” dikenal juga istilah “teknik”. Teknik dalam pengajaran bahasa bersifat implementasional. Maksudnya bersifat apa yang sesungguhnya terjadi di dalam kelas. Ia merupakan suatu strategi khusus. Richards (1982) menjelaskan pula bahwa “teknik” adalah prosedur (khutuwat) dan praktek yang sesungguhnya di dalam kelas.
Pada dasarnya pengertian teknologi informasi atau infotech, bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dengan telnologi telekomunikasi (Abdul Kadir & Terra Ch. triwahyuni. Pengenalan Teknologi Informasi.Andi. Yogyakarta.2003)
Menurut beberapa sumber, Definisi teknologi informasi sebagai berikut :
  1. Haag dan Keen (1996)
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  1. Martin (1999)
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencangkup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  1. Williams dan Sawyer (2003)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Dari sumber di atas kita dapat mengetahui bahwa peran media pembelajaran berbasis IT dapat digunakan untuk mempelajari bahasa baik bahasa Arab, bahasa Asing dan sebagainya. Media pembelajaran dalam bahasa arab sangatlah penting karena untuk mendukung pembelajaran antara pendidik dan peserta didik. Salah satu contoh media yang terpopuler saat ini adalah media pembelajaran berbasis IT, karena mudah, tepat dan cepat, bahkan dapat diakses dengan mudah maupun dipublikasikan.
Pada masa sekarang seseorang mudah dalam mengaplikasikan teknologi informatika, seperti halnya mendengarkan lewat internet, karena dengan mendengar seseorang akan menjadi lebih tahu dan paham dengan apa yang disampaikan. Contohnya : Mendengarkan musik, pidato, percakapan bahasa arab ataupun puisi, maka dengan mendengar lewat internet dapat mempermudah dalam penyaampaian program pembelajaran.                                Adapun pembelajaran dapat dilakukan dengan cara berbicara yang mengaplikasikan IT sebagai sarananya, karena materi – materi yang disampaikan secara online, melalui chatting, dan yang pasti dapat  dipraktekkan secara langsung. Akan tetapi dengan media ini ada kendala yaitu aplikasi percakapan yang harus memiliki program translit dalam bahasa arab. Dan dari mendengar lalu berbicara dapat mempermudah pembelajaran.
Begitu juga dengan dalam hal membaca lewat internet, karena banyak buku – buku arab diberbagai bidang ditemukan dalam program pembelajaran IT seperti : buku, majalah, media massa dalam berbahasa arab. Dengan demikian seseorang akan dapat lebih mudah dalam mengetahui informasi di belahan dunia dengan hanya mengaplikasikan internet.
Kemudian dengan mendengarkan membaca, kita akan lebih mudah untuk menulis dan jika terdapat kesulitan dalam pembelajaran seperti karya ilmiah berbahasa arab dengan gaya – gaya tulisan yang sulit maka dengan teknologi informatika seseorang dapat dengan mudah belajar gaya – gaya tulisan bahasa arab dengan tata bahasa yang rumit dengan program IT pun dapat mengatasinya.
Adapun pengklasifikasian sistem teknologi informatika tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi tetapi lebih cenderung berdasarkan pada ukuran informasi yang ditampung.
Dalam pembelajaran bahasa Arab, ukuran di atas memang benar karena sumber – sumber yang didapat dari teknologi informatika dapat memberikan referensi – referensi yang lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dan kadang kala  tidak sepenuhnya memakai teknologi informatika dalam pembelajaran bahasa arab, bias juga melalui media – media yang lain seperti CD, VCD, Audio Video dan rekaman. Akan tetapi teknologi informatika lebih dominan dalam hal ini, karena lebih cepat dan lebih mudah dimengerti.
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh karena peran media pembelajaran dalam bahasa arab berbasis IT antara lain :
  • Dapat memberikan sebagian besar informasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran
  • Pembelajaran menjadi lebih menarik
  • Dapat mengakses tugas kuliah dengan mudah tanpa bergantung dengan guru atau pendidik
  • Bahan pembelajaran lebih jelas maknanya sehingga mudah dipahami
  • Metode mengajar menjadi lebih bervariasi dan membuat siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga.
  • Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan pembelajaran tanpa harus langsung dengan bimbingan guru
  • Memberikan metode baru dalam pembelajaran dalam bidang IT


Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah



0 Response to " Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel