-->

KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN Al- QURAN


Oleh : Syahril Siddiq


KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN Al- QURAN



Sahabat Sudut Pustaka kali ini penulis akan menshare mengenai bagaimana keutamaan mempelajari dan mengajarkan Al- Quran, dengan harapan semoga kita sebagai umat Muslim termotivasi dalam mempelajari sekaligus mendalami Al- Quran dan tentunya bisa mengamalkannya. Selamat membaca…!!
Rasululloh sejak zaman dulu sudah memberi berita gembira kepada kita, bagi yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya, sebagaimana yang disabdakan oleh beliau :
خيركم من تعلم القرآن وعلمه
“ Sebaik baik kalian adalah orang yang senantiasa mempelajari Al- Quran dan mengajarkannya."[1]
Bahkan Rasulullah SAW bersabda di Hadits yang lainnya :
من علم آية من كتاب الله عزّ وجلّ كان له ثوابها ما تليت
“ Barang Siapa yang mengajarka satu ayat dari kitab Allah SWT ( Al- Quran), maka pahala baginya selama ayat tersebut dibacakan.”[2]
Seorang Ulama yang bernama Al- Muzani berkata bahwa “ aku mendengar Imam As- Syafii berkata:
من تعلم القرآن عطمت قيمته
“ Barang Siapa yang mempelajari Al- Quran, maka agunglah kedudukannya.”[3]
Kaum salaf sangatlah perhatian pada maslah tersebut, sehingga mereka dengan sukarela mencurahkan waktu dalam hidupnya untuk itu, seperti seorang Tabi’in yang bernama Abu Abdurrahman As- Sulami, beliau belajar Al- Quran dengan sungguh sungguh kepaa Usman bin Affan, Ali bin Abi Tholib, dan Abdullah bin Mas’ud.
Setelah itu dia menyibukan diri untuk mengajarkannya kepada Umat selama kurang lebih 40 tahun di Masjid Kufah. Tabi’in inilah yang meriwayatkan Hadits diatas seraya menyatakan : “ Hadits inilah yang membuatku bertahan sampai saat ini.”[4]
Seorang Ulama besar yaitu Syekh Salim bin Ied Al- Hilali berkata mengenai Hadits yang diriwayatkan oelh Utsman bin Affan sebelumnya :
قارئ القرآن من غير معلم لا يقدر عليه من حيث قراءته لما فيه تجويد وأحكام وما فيه من علوم وكل ذلك يحتاج إلى معلم ولذا فقد حضّ على طلبه من عند أهله وحضّ على تعليمه لمن يطلبه وكل ذلك معلق بمن علمه.
“ Seorang Pembaca Al- Quran yang tak berguru, maka tak akan sanggup membacanya (dengan benar) karena didalamnya karena didalamnya terdapat Tajwid, Hukum Hukum, dan Ilmu Ilmu lainnya. Semua itu tentunya membutuhkan Bimbingan seorang Guru. Oleh karena itu Rasulullah SAW menganjurkan mempelajarinya kepada Ahlinya, serta menganjurkan untuk mengajarkannya, tentunya semua itu bergantung pada orang yang mempelajarinya.”[5]
Dari keterangan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Rasulullah SAW telah memotivasi kita dengan memberi berita gembira dengan menceritakan keutamaan keutamaan dalam mempelajari dan mengajarkan Al- Quran, tentunya dengan adanya Bimbingan seorang Guru yang ahli bahkan memiliki rantai sanad keilmuan yang jelas.

Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu
Pakaian Muslimah





[1] HR. Al- Bukhori (no. 5027) dari Usman bin Affan
[2] As- Silsilah As- Sohihah (no. 1335)
[3] Nuzhatul Fudhala ( II / 734)
[4] Nuzhatul Fudhala ( I / 383)
[5] Bahjatun Nadzirin Syarah Riyadussholihin ( II/ 226)




0 Response to " KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN Al- QURAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel